JabarJawara.id JabarJawara.id

3 Amalan Sunnah Jelang Salat Idul Fitri yang Baiknya Kamu Lakukan

3 Amalan Sunnah Jelang Salat Idul Fitri yang Baiknya Kamu Lakukan | TopKarir.com
29 APR 2022 14:27 SEPUTAR KARIR 3981 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Di Lebaran tahun 2022 ini, umat Muslim di Indonesia sudah diperbolehkan melaksanakan salat Ied di masjid.

 

Dikutip dari Kitab Minhajul Muslim, hukum salat Ied adalah sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan untuk memperoleh pahala dan keutamaannya, karena salat ini ditunaikan hanya setahun sekali.

 

Sebelum berangkat ke masjid dan melaksanakan salat Ied, ada tiga amalan utama yang sebaiknya dilakukan sebelum meninggalkan rumah. Apa aja? Simak ulasannya berikut ini.

 

1. Mengumandangkan Takbir

Menggemakan takbir adalah salah satu sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Berdasarkan hadist riwayat Bukhari, dari Ummu Athiyyah RA berkata,

 

"Kami dahulu diperintahkan untuk keluar pada hari raya sehingga para gadis juga keluar dan perempuan yang sedang haid pun keluar rumah. Mereka berada di belakang jamaah salat, mereka bertakbir sebagaimana jamaah lain bertakbir, mereka berdoa dengan doa para jamaah, mereka berharap keberkahan hari itu."

 

Nah, sunnah ini biasa dilakukan pada malam menjelang Idulfitri keesokan harinya hingga pagi hari atau sampai imam keluar untuk melaksanakan salat Id.

 

2. Mandi dan mengenakan pakaian terbaik 

Mandi sebelum melaksanakan salat Idulfitri hukumnya adalah sunnah. Hal ini sudah menjadi kebiasaan Nabi Muhammad SAW sebelum berangkat salat.

 

Selain itu, Rasulullah juga mempersiapkan dan menggunakan pakaian terbaik dan juga wewangian di hari raya. Dalam buku Fiqh Us-Sunnah: Supererogatory Prayers dari As-Sayyid Sabiq, Ibn Al-Qayyim mengatakan,

 

"Rasulullah SAW biasa menggunakan pakaian yang terbaik untuk hari-hari tersebut dan dia punya jubah (cloak) khusus yang hanya dipakai pada dua Hari Raya dan Jumat."

 

3. Makan sebelum pergi salat

Amalan lainnya yang dilakukan Rasulullah SAW sebelum melaksanakan salat Id adalah makan. Dalam kitab Muwatta Malik yang disusun Imam Malik bin Anas, tertulis

 

"Yahya menceritakannya padaku dari Malik dari Ibnu Shihab, yang diceritakan Said Al-Musayyab, jika orang-orang diperintahkan makan terlebih dulu sebelum berangkat salat Idulfitri. Menurut Malik, orang-orang tidak melakukan kebiasaan tersebut pada Idul Adha."

 

Dalam hadist riwayat Bukhari, Rasulullah SAW diceritakan memakan kurma terlebih dulu dengan jumlah ganjil sebelum melaksanakan salat Idulfitri.

 

Yuk, baca lebih banyak informasi dan tips karir menarik lainnya di TipsKarir. Temukan berbagai lowongan kerja seluruh Indonesia ter-update di sini. Download juga aplikasi TopKarir untuk dapatkan kemudahan melamar pekerjaan.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.