JabarJawara.id JabarJawara.id

Cara Memilih Bidang Freelance Yang Cocok dari Hasil Tes Minat dan Bakat (TMB)

Cara Memilih Bidang Freelance Yang Cocok dari Hasil Tes Minat dan Bakat (TMB) | TopKarir.com
22 NOV 2022 12:33 SEPUTAR KARIR 691 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Saat akan terjun dalam dunia freelance tentunya kamu harus memilih terlebih dahulu bidang apa yang memang sesuai dengan bakat serta minat yang dimiliki.

 

Namun terkadang sebagian orang belum mengetahui seperti apa minat dan bakat mereka, jadi dalam memilih bidang freelance akan sedikit kebingungan dan malah memilih bidang freelance yang tidak sesuai dengan minat.

 

Agar bisa memilih bidang freelance yang sesuai dengan minat serta bakat caranya cukup mudah, kamu Hanya perlu mengikuti tes minat dan bakat supaya kita lebih mengenal diri sendiri dan tentunya mengetahui potensi apa yang kita miliki.

 

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa itu tes minat dan bakat serta bagaimana cara memilih bidang freelance yang cocok berdasarkan hasil tes minat dan bakat, kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya hingga akhir dibawah.

 

Apa Itu Tes Minat dan Bakat?

Tes minat dan bakat adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui minat dan bakat seseorang, yang mana hasil dari tes ini akan berguna untuk menjadi bahan referensi dalam menentukan pilihan bidang pekerjaan. 

 

Setelah mengetahui apa minat dan bakat yang dimiliki maka kamu akan bisa memperkirakan apakah bidang pekerjaan tersebut cocok untukmu atau tidak dalam suatu industri, kita bisa menggunakan hasil tes minat dan bakat ini untuk memilih bidang pekerjaan freelance ataupun full time.

 

Indikator Pada Tes Minat dan Bakat 

Dalam mengerjakan tes minat dan bakat setidaknya akan ada beberapa indikator penentu hasil, yaitu dilihat dari pola perilaku, sikap Dasar, potensi kerja, kesesuaian Bidang Kerja dan Profesi, dan terakhir dilihat dari tes minat.

 

Untuk pembahasan lebih lengkapnya mengenai indikator yang ada pada tes minat dan bakat kamu bisa menyimaknya dibawah.

 

Pola Perilaku

Indikator pertama yang ada pada tes minat dan bakat adalah pola perilaku, dalam indikator ini setidaknya akan ada 6 sub kategori yang dinilai yaitu:

 

  • Kebutuhan sosial : dalam kebutuhan sosial akan memperlihatkan pola perilaku kamu apakah cenderung suka untuk berinteraksi dengan orang lain atau cenderung mengerjakan segala sesuatu oleh diri sendiri.
  • Intensitas Data : dalam intensitas data akan memperlihatkan apakah kamu orang yang memiliki pandangan luas atau orang yang hanya melihat sesuatu berdasarkan data yang detail.
  • Pengembangan dan Pengolahan Data : dalam pengembangan dan pengelolaan data akan memperlihatkan apakah kamu orang yang bekerja secara kreatif atau kamu orang yang bekerja secara stagnan atau monoton.
  • Keputusan : dalam sub kategori keputusan akan memperlihatkan apakah kamu orang yang mengambil keputusan sesuai intuisi atau orang yang mengambil suatu keputusan berdasarkan data yang real.
  • Pelaksanaan Tugas : dalam pelaksanaan Tugas akan memperlihatkan apakah kamu orang yang suka bekerja secara spontan atau orang yang bekerja secara terencana.
  • Semangat Juang : dalam sub kategori ini akan memperlihatkan apakah kamu orang yang memiliki semangat yang kuat untuk mencapai tujuan tertentu, atau orang yang suka berubah-ubah tergantung dengan suasana hati atau tujuan. 

Sikap Dasar

Indikator berikutnya yang ada pada tes minat dan bakat adalah indikator sikap dasar, dalam indikator ini setidaknya akan ada 2 sub kategori yang dinilai yaitu :

 

  • Tanggung jawab : akan memperlihatkan apakah kamu memiliki tanggung jawab dalam mengerjakan suatu pekerjaan atau pengambilan keputusan, atau orang yang tidak memiliki tanggung jawab.
  • Disiplin : akan memperlihatkan apakah kamu pribadi yang memiliki tekad untuk mengerjakan segala sesuatu berdasarkan aturan yang berlaku atau tidak.

Potensi Kerja

Indikator berikutnya adalah potensi kerja, dalam indikator potensi kerja akan ada dua sub kategori yaitu prestasi kerja dan semangat kerja.

 

  • Prestasi Kerja : akan memperlihatkan apakah kamu orang yang bisa mengambil risiko dan mengidentifikasi masak atau tidak.
  • Semangat Kerja : akan memperlihatkan apakah kamu pribadi yang bisa menyikapi suatu masalah dan memperjuangkan suatu tujuan atau tidak.

Kesesuaian Bidang Kerja dan Profesi

Dalam indikator ini kamu akan diperlihatkan mengenai 10 bidang industri yang sesuai dengan minat dan bakat kamu, misalnya jika kamu memiliki ide kreativitas dan seni maka, karakteristik yang cocok untuk kamu adalah kreatif.

 

Karakteristik tersebut nantinya akan dihubungkan dengan perancangan dan desain, maka Industri atau pekerjaan yang cocok jika kamu mendapatkan kesesuaian bidang kerja ini adalah pekerjaan yang berhubungan dengan sesuatu yang berdas logika namun tetap memiliki nilai seni.

 

Tes Minat 

Indikator terakhir yang ada pada tes minat dan bakat dan menjadi salah satu indikator terpenting untuk bisa memilih bidang freelance atau pekerjaan yang cocok adalah indikator tes minat, pada indikator ini akan ada 6 suh kategori atau karakteristik yang akan memperlihatkan minat dan kecocokan kamu dalam memilih pekerjaan,

 

Adapun untuk sub kategori yaitu sebagai berikut :

 

  • Realis : dikenal juga sebagai pelaku atau orang-orang yang suka bekerja dengan bertindak dibandingkan dengan banyak bicara.
  • Investigasi : dalam investasi kamu akan dikenal sebagai orang yang suka bekerja dengan data atau sering disebut juga orang yang pemikir.
  • Artistik : sering disebut sebagai pencipta atau orang yang suka bekerja dengan sebuah ide atau mengandalkan kreativitas.
  • Sosial : dikenal sebagai seorang penolong dan suka bekerja dengan orang lain atau berkelompok.
  • Enterprise : dikenal sebagai seseorang yang suka bekerja dengan orang lain namun tetap menggunakan data sebagai dasar pekerjaan.
  • Konvensional : dikenal sebagai penyelenggara atau orang yang suka bekerja dengan data untuk membuat suatu pekerjaan.

Lalu setelah kamu mengetahui indikator yang ada pada tes minat dan bakat bagaimana caranya untuk memilih bidang freelance yang sesuai dengan hasil tersebut? Untuk caranya bisa disimak pada pembahasan berikutnya di bawah.

 

Cara Memilih Bidang Freelance Berdasarkan Hasil Tes Minat dan Bakat 

Agar bisa memilih bidang freelance yang sesuai berdasarkan hasil dari tes minat dan bakat kamu harus mengaitkan beberapa indikator yang sudah disebutkan diatas tadi sesuai dengan kebutuhan yang ada.

 

Yang perlu kamu perhatikan dalam memilih bidang freelance adalah dari deskripsi pekerjaan yang tersedia apakah sudah sesuai dengan indikator yang kita dapatkan dari hasil mengikuti tes minat dan bakat atau tidak.

 

Jika kamu masih bingung, berikut adalah contoh cara memilih bidang freelance yang sesuai dengan contoh hasil tes minat dan bakat.

 

  • Pola Perilaku : kebutuhan sosial
  • Sikap dasar : tanggung jawab
  • Potensi Kerja : semangat kerja
  • Kesesuaian Bidang Kerja dan Profesi : keuangan dan administrasi, konseling dan interpersonal
  • Tes Minat : Investigasi, Sosial

Berdasarkan indikator yang kamu dapatkan dalam hasil tes minat dan bakat diatas maka bidang freelance yang cocok untuk kamu yaitu bidang : Freelance HR, Freelance Konsultan, Freelance Admin, dan beberapa bidang freelance lain yang berhubungan dengan administrasi dan mengembangkan individu.

 

Ikut Tes Minat dan Bakat Dimana? 

 

Ada beberapa platform untuk mengikuti tes minat dan bakat atau TMB ini salah satunya adalah TopKarir, disini kamu bisa mengikuti tes minat dan bakat tersebut terlebih dahulu sebelum mengirimkan lamaran kerja freelance.

 

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti tes minat dan bakat supaya dalam memilih bidang freelance atau pekerja tidak salah, maka kamu bisa mendownload aplikasi TopKarir tersebut pada handphone kamu.

 

Kamu bisa mendownloadnya melalui Google Play store jika kamu menggunakan android dan pada App Store jika kamu menggunakan IOS, atau kamu juga bisa mendownloadnya melalui link berikut : Download TopKarir 

 

Kesimpulan 

Tes Minat dan Bakat merupakan salah satu indikator penting jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang tepat untuk diri kamu, selain itu dengan mengikuti tes minat dan bakat kamu juga bisa melihat dan menggali lebih dalam mengenai potensi apa saja yang kamu miliki.

 

Dalam memilih bidang pekerjaan freelance kamu bisa mengaitkan beberapa indikator yang sudah kamu dapatkan pada saat mengikuti tes minat dan bakat, dan karena perilaku tiap orang akan berganti seiring berjalannya waktu jadi biasanya hasil dari tes minat dan bakat ini hanya akan bisa dipakai atau berlaku selama 6 bulan saja.

 

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai Cara Memilih Bidang Freelance Yang Cocok dari Hasil Tes Minat dan Bakat (TMB), bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja freelance kamu bisa mengunjungi TopKarir.

 

Selain informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.