JabarJawara.id JabarJawara.id

Kuasai 7 Keahlian Profesi Akuntansi Ini agar Sukses Berkarier

Kuasai 7 Keahlian Profesi Akuntansi Ini agar Sukses Berkarier | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:17 TINGKATKAN KARIRMU 16872 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Profesi akuntansi mungkin tidak tampak seperti pilihan karier paling glamor di dunia kerja, tetapi pekerjaan ini rupanya bisa memberikan banyak peluang karier untuk Anda. Seorang akuntan umumnya bekerja untuk menganalisis dan menyiapkan catatan keuangan untuk organisasi dan klien. 

 

Namun, keterampilan dalam permintaan untuk akuntan bervariasi menurut jabatan tertentu. Misalnya, Akuntan Publik Bersertifikat (CPA) berspesialisasi dalam formulir pajak, laporan saldo, dan bentuk dokumentasi keuangan lain yang harus diberikan kepada klien mereka secara hukum. Peran ini membutuhkan ketelitian, keterampilan analitis, dan etika yang kuat.

 

Jenis akuntan lain mungkin membutuhkan keterampilan kerja yang berbeda, namun secara umum keahlian yang dibutuhkan seorang dalam profesi akuntansi adalah sama. Berikut tujuh keterampilan utama yang Anda butuhkan untuk menjadi akuntan yang baik.

 

Baca juga: Menjadikan Tantangan Karier Sebagai Peluang

 

Kemampuan Analisis

 

Pekerjaan akuntansi membutuhkan mata kecermatan dan berorientasi pada detail. Akuntan harus menyaring catatan keuangan yang besar dan kuat untuk memastikan setiap detail akurat dan terbaru. 

 

Jika tidak, analisis akuntan mungkin menghasilkan hasil yang tidak konsisten. Menurut Bob Prather - manajer umum akuntansi dan perekrutan keuangan untuk perusahaan besar di UK sebagaimana dikutip dalam Bright Network, akuntan terbaik dapat melihat laporan analisis dengan cermat dan dengan cepat menentukan apakah fakta dan angka dapat dihitung atau tidak.

 

Akuntan yang hebat melihat hasilnya dan menilai apakah itu masuk akal, agar tidak membuang waktu semua orang pada analisis ulang laporan keuangan tersebut.

 

Berpikir Kritis

 

Akuntan terus-menerus menghadapi kesalahan, ketidaksesuaian, dan ketidakakuratan. Jika tidak terdeteksi dan segera ditangani, kesalahan ini dapat berdampak serius bagi perusahaan dan klien. Untuk itu, akuntan harus bisa mengatasi situasi kritis dengan mempertimbangkan semua variabel pengukuran dan potensi risiko. 

 

Baca juga: Ayo Pahami Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Administrasi Keuangan

 

Komunikasi interpersonal yang baik

 

Selain menganalisis dan mengoptimalkan catatan keuangan, akuntan harus menjelaskan temuan mereka kepada rekan kerja dan klien, yang banyak di antaranya tidak memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep keuangan secara rinci. 

 

Untuk itu, seorang dengan profesi akuntansi pada dasarnya berfungsi sebagai penerjemah data. Salah satu keterampilan terpenting yang perlu dimiliki akuntan terbaik adalah kemampuan untuk mengubah angka, bagan, dan tabel menjadi informasi yang dapat dipahami orang banyak.

 

Kemahiran Spreadsheet atau Microsoft Excel

 

Akuntan saat ini mengandalkan berbagai program perangkat lunak untuk menyelesaikan berbagai tugas. Seorang dengan profesi akuntansi harus mengenal Spreadsheet milik Google atau Microsoft Excel. Untuk itu, agar cepat sukses dalam berkarier, Anda bisa mengasah keahlian spreadsheet atau microsoft excel sejak dini, seperti mulai dari bangku kuliah.

 

Baca juga: 7 Pekerjaan yang Nggak Pandang Jurusan Kuliah

 

Memiliki kredibilitas dan integritas

 

Saat membangun karier, Anda membutuhkan kepercayaan dari diri sendiri maupun orang lain. Jika ingin orang lain mempercayai Anda, maka kredibilitas sikap yang perlu dipertahankan, khususnya jika Anda berprofesi sebagai akuntan yang memegang kewenangan penting. Dengan membangun diri yang kredibel, itu artinya Anda juga menanamkan investasi yang untuk masa depan yang cerah dalam karier.

 

Memiliki Ketahanan Kuat

 

Memiliki mental dan ketahanan kuat dalam bekerja sangat diperlukan oleh seorang akuntan. Seperti halnya karier apapun, Anda akan mulai dari posisi awal dan kemungkinan besar, ingin meningkatkan karier Anda. 

 

Ini tidak selalu menjadi jalan yang mudah, terutama dalam profesi akuntansi. Kemampuan untuk bekerja menuju tenggat waktu yang ketat, menyesuaikan dengan kebutuhan banyak klien, dan tetap positif melalui tantangan yang sulit adalah keterampilan yang akan membantu Anda membangun karier. Ketahanan adalah kemampuan untuk tetap tenang dan percaya pada keahlian Anda hingga promosi atau jenjang karier yang lebih tinggi datang.

 

Baca juga: Intip Pekerjaan yang Cocok Dengan Kepribadian Kamu

 

Stabilitas Tinggi

 

Meskipun ini mungkin tidak terlalu berhubungan khusus dengan pekerjaan akuntansi, namun ini adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan sebelum memulai perjalanan karier. Mungkin salah satu manfaat dan aspek menarik dari karir di bidang akuntansi adalah fleksibilitas. 

 

Namun, penting juga untuk membangun fondasi yang kokoh di awal karier Anda. Mengganti pekerjaan keuangan dan jenis akuntansi setiap tahun dapat merugikan, karena pemberi kerja akan mencari stabilitas CV yang baik dan karier yang telah berkembang dengan baik. Pastikan Anda menemukan pekerjaan yang tepat agar bisa terus konsisten dalam berkarier.

 

Selain cara berkarier dalam profesi akuntansi agar sukses, yuk intip tips pekerjaan menarik lainnya di sini. Jangan lupa download aplikasi TopKarir sekarang dan  mendapatkan info lowongan keja terbaru, info magang, tips karir, topkarir Klinik, Pelatihan online Topedu, dan sebagainya.




  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.