JabarJawara.id JabarJawara.id

Pandangan Unik Seorang Freelancer Terhadap Pekerjaan

Pandangan Unik Seorang Freelancer Terhadap Pekerjaan | TopKarir.com
16 NOV 2022 16:20 SEPUTAR KARIR 899 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Ada berbagai alasan mengapa seseorang memilih menjadi seorang Freelancer daripada bekerja kantoran, hal ini tidak lepas dari sudut pandang dan pemikiran dari seorang freelance itu sendiri.

 

Beberapa pandangan unik ini memicu seseorang untuk tidak bekerja kantoran dan memilih menjadi seorang freelancer, bahkan saat ini generasi milenial lebih memilih untuk menjadi pengangguran daripada mereka harus bekerja kantoran.

 

Mengapa demikian? Hal ini biasanya generasi milenial menganggap bahwa bekerja kantoran membuang buang waktu dan bisa membuat seseorang tidak bahagia bahkan stress dibuatnya. 

 

Merdeka menganggap Hal ini seperti efek domino, saat kamu bekerja untuk stress dengan segala tugas yang diberikan, dan setelah mendapatkan gaji setiap bulannya. Uang tersebut dipakai untuk menghilangkan stress yang dialami saat bekerja. Sungguh lucu bukan? Tentunya efek ini akan terus berputar jika kamu masih bekerja kantoran.

 

Oleh karena itu tidak heran banyak orang yang saat ini memilih untuk menjadi seorang freelance saja dan bekerja dari rumah. 

 

Pandangan Unik Seorang Freelancer Terhadap Pekerjaan

Seperti yang kita ketahui pandangan dari seorang freelancer dengan orang yang bekerja kantoran tentunya akan berbeda, masing-masing dari pekerja baik freelance atau full time Memiliki pandangan berbeda akan pekerjaan. 

 

Namun 1 hal yang sama kedua pekerja ini memiliki tujuan akhir untuk mendapatkan uang dan pendapatan agar bisa mencukupi kehidupan sehari-hari. 

 

Ada beberapa pandangan unik seorang freelancer terhadap pekerjaan, pada pembahasan kali ini kami merangkum setidaknya ada 5 pandangan unik seorang freelancer terhadap pekerjaan. Apa saja? Mari simak hingga akhir dibawah ini.

 

Pekerjaan Itu Datang Bukan Dicari

Pandangan unik seorang freelancer yang pertama adalah menganggap bahwa pekerjaan itu datang bukan dicari, tentunya pandangan ini sedikit berbeda dengan kebanyakan pekerjaan lainnya yang bersusah payah menempuh pendidikan untuk akhirnya mencari pekerjaan.

 

Seorang freelancer merupakan orang yang unik, mereka menganggap daripada mencari lowongan pekerjaan lebih baik membangun terlebih dahulu skill dan personal branding, serta membuat beberapa projects yang nantinya akan membuat para pencari kerja berdatangan dan memesan jasa freelance.

 

Meskipun begitu tidak sepenuhnya seorang freelance tidak mencari pekerjaan, namun lebih tepatnya mereka mempromosikan jasa freelance mereka pada beberapa tempat dan sosial media agar dapat dikenal orang.

 

Maka tidak heran biasanya para freelance terlebih lebih santai dibandingkan dengan orang-orang lain yang mungkin belum mendapatkan pekerjaan, meskipun datang seorang freelancer juga bisa mendapatkan perlakuan yang sama seperti perlakuan pada pengangguran. 

 

Namun biasanya freelancer akan memberikan bukti dan menutup mulut orang yang memang membicarakan dia di belakang.

 

Merasa Heran Pada Orang Yang Bekerja Kantoran

Pandangan unik berikutnya adalah biasanya para freelancer kadang merasa heran pada orang-orang yang bekerja kantoran, mereka menganggap orang yang kerja kantoran adalah sesuatu yang membuang-buang waktu saja.

 

Karena setiap hari harus pergi kekantor dan mengerjakan pekerjaan yang itu itu saja, selain itu para freelancer juga biasanya akan lebih menyayangkan jika para pekerja kantoran tersebut tidak mendapatkan hak mereka dalam bekerja.

 

Contohnya seperti tidak mendapatkan upah minimum hingga diperlakukan tidak manusiawi oleh perusahaan dan memberikan jam kerja yang ekstrim, bahkan tidak sedikit perusahaan yang memberikan jam kerja lembur tanpa dibayar.

 

Oleh karena hal tersebut pandangan unik freelancer ini muncul dan tertanam dalam diri mereka.

 

Bekerja Apa Saja Asal Mendapat Uang

Pandangan unik berikutnya adalah freelancer lebih memilih mengerjakan berbagai pekerjaan asalkan mereka mendapatkan uang, meskipun terlihat seperti bekerja serabutan namun memang seperti itulah kenyataannya.

 

Biasanya seorang freelancer tidak terpaku dalam satu bidang saja, untuk mendapatkan banyak income dan penghasil freelancer bisa memasang banyak sekali bidang pekerjaan sesuai dengan skill mereka.

 

Tentunya hal ini berbeda dengan karyawan kantoran yang sudah memiliki job desk yang jelas dalam bekerja dan memiliki lingkup pekerjaan dalam satu bidang saja. 

 

Karena saat ini ada berbagai jenis bidang kerja yang bisa dikerjakan maka tidak heran peluang seorang freelance Mendapatkan penghasilan lebih besar dari pekerja kantoran terbuka lebar, apalagi saat ini dunia freelance dipengaruhi juga oleh trend Gig Ekonomi yang membuat permintaan akan jasa seorang freelancer atau pekerja lepas menjadi lebih tinggi.

 

Tidak Ingin Terikat dan Dikekang

Pandangan unik berikutnya dari seorang freelancer adalah dalam bekerja biasanya freelancer tidak ingin terikat oleh kontrak dan diberikan kewajiban yang akan membuat freelance tidak bebas dan merasa dikekang.

 

Seorang freelancer biasanya akan memiliki pandangan ini dan menganggap bahwa dengan adanya kontrak antara perusahaan dan kamu sebagai pekerja maka, kita akan menjadi seseorang yang hanya harus memprioritaskan pekerjaan dibandingkan apapun.

 

Hal ini sangat tidak cocok bagi seorang freelance yang bekerja dengan lepas dan mengerjakan segala sesuatu tanda adanya aturan, mau itu bekerja dimanapun dan kapanpun asalkan pekerjaan mereka selesai sesuai dengan permintaan client.

 

Meskipun dalam pekerjaan freelance juga ada sebuah perjanjian dengan client namun tentunya hal ini akan berbeda dengan perjanjian perusahaan yang mengharuskan kita mengikuti segala peraturan dan SOP yang sudah berlaku.

 

Menganggap Bekerja di Kantor Tidak Menyenangkan 

Pandangan unik seorang freelancer terhadap pekerjaan yang terakhir adalah menganggap Bekerja di kantor itu tidak menyenangkan, pandangan ini tentunya akan berbeda setiap orangnya. Namun bagi seorang freelance yang notabene kebanyakan bekerja di rumah akan merasa bahwa bekerja di kantor itu tidak menyenangkan.

 

Alasannya karena freelance menganggap kerja di kantor tidak akan membuat kamu lebih produktif dibandingkan dengan bekerja dirumah, apalagi dengan kondisi kantor yang memiliki lingkungan toxic dan mempunyai drama di dalamnya, Tentu hal ini membuat freelance sangat enggan untuk bekerja di kantor.

 

Selain itu bekerja secara langsung di kantor juga akan memberikan kita lebih banyak pengeluaran dibandingkan bekerja dari rumah, meskipun perusahaan tersebut menerapkan WFH tetap bagi seorang freelance bekerja di kantor itu tidak menyenangkan karena kita harus standby terus dan akan terus merasa diawasi meskipun bekerja dari rumah.

 

Gimana Kamu Punya Pandangan Lain?

Nah itu tadi pembahasan mengenai pandangan unik seorang freelancer pada pekerjaan, bagi kamu yang memikat pandangan lain seputar pekerjaan kamu bisa komen di bawah ya!

 

Seperti yang kita tahu pandangan setiap orang akan berbeda-beda tergantung dari suasana dan karakteristik diri masing-masing, tugas kita hanya perlu menghargai setiap pandangan dan tidak saling menjelekan. Karena nyatanya tidak ada pandangan yang benar dan yang salah, itu semua balik lagi pada diri masing-masing.

 

Jika kamu seorang freelancer kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja freelance melalui TopKarir, disini kamu akan mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.