JabarJawara.id JabarJawara.id

6 Cara Membuat UMKM Kamu Menjadi Go Digital

6 Cara Membuat UMKM Kamu Menjadi Go Digital | TopKarir.com
19 DEC 2022 17:19 SEPUTAR KARIR 1712 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

UMKM Go Digital adalah program yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam menjalankan bisnis mereka. 

 

Tujuan dari program ini adalah untuk membantu UKM meningkatkan efisiensi bisnis, meningkatkan akses pasar, dan meningkatkan daya saing mereka. 

 

Program ini difokuskan pada memberikan bantuan kepada UKM dalam hal pengembangan website, aplikasi, dan kemampuan digital lainnya yang dapat membantu UKM dalam menjalankan bisnisnya secara lebih efektif dan efisien. 

 

6 Cara Membuat UMKM Kamu Menjadi Go Digital 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat usaha kecil menengah (UMKM) kamu menjadi go digital:

 

Buat Website Atau Toko Online 

Buat website atau toko online untuk mempromosikan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Pastikan website atau toko online kamu terlihat menarik dan mudah digunakan oleh pengunjung.

 

Untuk membuat website atau toko online untuk usaha kecil menengah (UMKM), kamu dapat Tentukan tujuan dari website atau toko online kamu. Ini akan membantu kamu menentukan jenis website atau toko online yang kamu butuhkan dan bagaimana cara terbaik untuk mempromosikannya.

 

Pilih platform yang sesuai untuk website atau toko online kamu. Ada banyak platform yang dapat kamu pilih, seperti WordPress, Shopify, atau WooCommerce. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, jadi pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan bisnis kamu sebelum memutuskan.

 

Kamu bisa beli nama domain dan hosting. Nama domain adalah alamat website kamu (seperti www.toko-online-umkm.com), sedangkan hosting adalah tempat di mana website kamu disimpan dan diakses oleh pengunjung. Beberapa platform menawarkan domain dan hosting secara gratis, tetapi ada juga yang memerlukan pembelian terpisah.

 

Gunakan Media Sosial

Promosikan produk atau layanan kamu melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Buat akun dan buat postingan yang menarik untuk mempromosikan produk atau layanan kamu.

 

Media sosial dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan usaha kecil menengah (UMKM) kamu. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan media sosial untuk UMKM kamu:

 

  1. Buat akun media sosial yang sesuai dengan bisnis kamu. Pilihlah platform media sosial yang sesuai dengan target market kamu dan jenis produk atau jasa yang kamu tawarkan. Misalnya, Instagram lebih cocok untuk UMKM yang menjual produk visual, sedangkan LinkedIn lebih cocok untuk bisnis profesional.
  2. Buat konten yang menarik dan bermanfaat. Pastikan untuk membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi target market kamu. Ini bisa berupa foto produk atau jasa yang kamu tawarkan, tips dan trik yang berkaitan dengan bisnis kamu, atau informasi tentang promosi terbaru yang kamu lakukan.
  3. Interaksi dengan audiens kamu. Jangan hanya mengkamulkan konten yang kamu buat, tetapi juga pastikan untuk terlibat dan bersikap responsif terhadap pertanyaan dan komentar yang diberikan oleh audiens kamu. Ini akan membantu kamu membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan kamu.
  4. Gunakan hashtags yang sesuai. Hashtags adalah cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas konten kamu di media sosial. Pilihlah hashtags yang relevan dengan bisnis kamu menggunakan hashtags populer yang sering digunakan oleh audiens kamu.
  5. Promosikan produk atau jasa kamu secara teratur. Jangan hanya mempromosikan produk atau jasa kamu sekali saja, tetapi pastikan untuk terus mempromosikannya secara teratur agar audiens kamu tidak lupa bahwa kamu ada. kamu juga dapat menggunakan fitur iklan di media sosial untuk memperluas jangkauan promosi kamu.

Gunakan Platform E-Commerce

Gunakan platform e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee untuk menjual produk kamu secara online. Pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap platform tersebut sebelum memulai penjualan.

 

Buat dan desain toko online kamu. Setelah memilih platform yang tepat, selanjutnya kamu perlu membuat dan mendesain toko online kamu. 

 

Pastikan untuk menambahkan foto dan deskripsi produk yang jelas agar pengunjung dapat dengan mudah memahami apa yang kamu tawarkan. Juga pastikan untuk menambahkan informasi tentang bisnis kamu, seperti alamat dan kontak, agar pelanggan dapat menghubungi kamu.

 

Gunakan Aplikasi Pembayaran Online

Tawarkan pembayaran online kepada pelanggan kamu melalui aplikasi seperti Go Pay, Ovo, atau Dana. Ini akan memudahkan pelanggan kamu untuk membayar produk atau layanan yang kamu tawarkan.

 

Integrasikan aplikasi pembayaran online ke bisnis kamu. Setelah bisnis kamu terdaftar di aplikasi pembayaran online, selanjutnya kamu perlu mengintegrasikannya ke bisnis kamu. 

 

Cara ini bisa berbeda tergantung pada aplikasi pembayaran online yang kamu pilih dan jenis bisnis kamu. Misalnya, jika kamu memiliki toko online, kamu dapat menambahkan tombol pembayaran di website kamu atau menggunakan QR code yang dapat dibaca oleh aplikasi pembayaran online.

 

Gunakan Sistem Manajemen Inventori Dan Penjualan

Gunakan sistem manajemen inventori dan penjualan untuk membantu kamu mengelola stok produk, mencatat penjualan, dan mengelola pembayaran pelanggan. Ada banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan, seperti QuickBooks atau Xero

 

Input data produk atau jasa yang kamu tawarkan ke dalam sistem. Setelah memilih sistem manajemen inventori dan penjualan yang tepat, selanjutnya kamu perlu memasukkan data produk atau jasa yang kamu tawarkan ke dalam sistem. Data yang perlu diinputkan bisa berupa nama produk, harga, stok, dan lainnya.

 

Gunakan laporan yang disediakan oleh sistem untuk mengelola bisnis kamu. Sistem manajemen inventori dan penjualan biasanya menyediakan laporan yang dapat membantu kamu mengelola bisnis kamu dengan lebih efektif. Misalnya, laporan penjualan dapat memberikan informasi tentang produk atau jasa yang paling laku, sementara laporan inventori dapat memberikan informasi tentang stok produk yang tersedia.

 

Update sistem secara teratur. Pastikan untuk selalu mengupdate sistem manajemen inventori dan penjualan kamu secara teratur agar data yang tersimpan di dalamnya selalu akurat. Ini juga akan membantu kamu menghindari masalah yang mungkin timbul jika data tidak terupdate dengan baik.

 

Pelajari Tentang Digital Marketing 

Pelajari tentang digital marketing untuk membantu kamu mempromosikan bisnis kamu secara online. Ini termasuk teknik seperti SEO, email marketing, dan advertising di Google.

 

Baca buku atau artikel tentang digital marketing. Ada banyak buku atau artikel yang dapat kamu baca untuk mempelajari tentang digital marketing. kamu juga dapat mencari buku atau artikel yang khusus membahas tentang digital marketing untuk UMKM.

 

Selain itu ada banyak kelas atau workshop yang ditawarkan oleh berbagai lembaga atau individu yang dapat membantu kamu mempelajari tentang digital marketing. kamu dapat mencari kelas atau workshop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

 

Penutup 

Nah itu tadi pembahasan mengenai 6 Cara Membuat UMKM Kamu Menjadi Go Digital, semoga bisa membantu bagi kamu para pelaku UMKM untuk bisa membuat bisnis menjadi semakin maju dan Go Digital.

 

Dapatkan informasi terbaru mengenai lowongan pekerjaan melalui TopKarir, selain informasi mengenai lowongan pekerjaan kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir hanya di TipsKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.