JabarJawara.id JabarJawara.id

6 Tips Ampuh Mendapatkan Investor Bagi Pelaku UMKM

6 Tips Ampuh Mendapatkan Investor Bagi Pelaku UMKM | TopKarir.com
16 DEC 2022 16:41 SEPUTAR KARIR 1688 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Investor merupakan seseorang atau lembaga yang membeli saham atau aset lainnya dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang. Investor dapat membeli saham perusahaan atau aset keuangan lainnya, seperti obligasi atau reksadana.

 

Dengan harapan bahwa nilai aset tersebut akan meningkat seiring waktu sehingga dapat menghasilkan keuntungan jika dijual kembali kepada pembeli lainnya. Investor juga dapat membeli aset fisik seperti properti atau tanah dengan harapan bahwa nilainya akan meningkat di masa depan.

 

Ada berbagai jenis investor, termasuk investor institusional, seperti perusahaan pensiunan atau bank, dan investor individu. Investor individu dapat melakukan investasi melalui berbagai cara.

 

Seperti membeli saham secara langsung di pasar saham atau melalui reksadana atau produk investasi lainnya. Investor individu juga dapat membeli aset fisik seperti properti atau tanah dengan harapan bahwa nilainya akan meningkat di masa depan.

 

Selain itu investor juga biasanya akan membantu para UMKM untuk bisa terus survive dan semakin maju, banyak UMKM yang saat ini sudah memiliki investor, namun tidak sedikit pula UMKM yang masih kesulitan mendapatkan investor dan tidak mengetahui bagaimana caranya.

 

Bagi kamu para pelaku UMKM kamu bisa menyimak pembahasan kali ini hingga akhir karena kami akan membahas mengenai bagaimana cara mendapatkan investor. Namun sebelum itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu seberapa pentingkah investor dalam UMKM dibawah.

 

Pentingnya Investor Bagi UMKM 

 

 

Investor berperan penting dalam menunjang keberlangsungan dan pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UMKM). Banyak UMKM membutuhkan modal awal yang cukup besar untuk memulai bisnis dan mengembangkannya. Dalam banyak kasus, sumber modal tersebut bisa didapat dari investor. Investor dapat memberikan modal yang diperlukan UMKM untuk membeli peralatan atau membangun infrastruktur, menggaji karyawan, atau melakukan promosi.

 

Selain modal, investor juga dapat memberikan dukungan strategis dan manajerial kepada UMKM. Investor yang memiliki pengalaman dan keahlian di bidang tertentu dapat membantu UMKM mengembangkan rencana bisnis yang efektif dan membantu mengelola keuangan perusahaan dengan lebih baik.

 

Investor juga dapat memberikan akses ke jaringan dan sumber daya yang berguna bagi UMKM. Misalnya, investor dapat membantu UMKM menjalin hubungan dengan pelanggan potensial atau mitra bisnis yang dapat membantu UMKM mengembangkan bisnisnya.

 

Secara keseluruhan, investor dapat memberikan dukungan finansial dan strategis yang penting bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, UMKM dapat mencari investor yang tepat untuk membantu mencapai tujuan bisnisnya di masa depan.

 

6 Tips Ampuh Mendapatkan Investor Bagi Pelaku UMKM 

 

Untuk mendapatkan investor bagi pelaku UMKM, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, diantaranya:

 

Buat Proposal Bisnis Yang Menarik

Pastikan proposal bisnis yang kamu buat menarik bagi investor. Berikan informasi yang jelas dan detail tentang bisnis kamu, termasuk target pasar, prospek keuntungan, dan rencana pemasaran.

 

Untuk membuat proposal bisnis yang menarik bagi investor, berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

 

  1. Berikan ringkasan bisnis yang jelas: Mulailah dengan memberikan ringkasan bisnis yang jelas dan mudah dipahami. Jelaskan secara singkat apa yang menjadi tujuan bisnis kamu, target pasar, dan bagaimana bisnis kamu akan memenuhi kebutuhan pasar tersebut.
  2. Tunjukkan prospek keuntungan yang menarik: Investor pasti akan tertarik pada bisnis yang memiliki prospek keuntungan yang menarik. Jelaskan secara detail bagaimana bisnis kamu akan menghasilkan keuntungan di masa depan, termasuk dengan menunjukkan proyeksi keuangan yang realistis.
  3. Sertakan informasi tentang tim dan struktur organisasi: Investor juga akan tertarik pada tim yang solid dan struktur organisasi yang teratur. Sertakan informasi tentang tim dan struktur organisasi dalam proposal bisnis kamu, termasuk latar belakang dan keahlian masing-masing anggota tim.
  4. Tunjukkan bagaimana bisnis kamu berbeda dari pesaing: Jelaskan bagaimana bisnis kamu berbeda dari pesaing dan mengapa bisnis kamu lebih menarik bagi investor. Berikan contoh bagaimana bisnis kamu akan menawarkan solusi yang lebih baik bagi target pasar dibandingkan pesaing.
  5. Sertakan dokumen yang diperlukan: Pastikan kamu menyertakan dokumen yang diperlukan seperti business plan, laporan keuangan, dan rencana pemasaran dalam proposal bisnis kamu. Ini akan membantu investor memahami bisnis kamu dengan lebih baik dan memudahkan mereka untuk membuat keputusan.

Cari Tahu Apa Yang Dicari Investor

Setiap investor memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda. Carilah tahu apa yang sedang dicari investor, sehingga kamu dapat menyesuaikan proposal bisnis kamu sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Untuk mengetahui apa yang sedang dicari investor, kamu dapat membaca laporan keuangan dan informasi lain tentang investor yang kamu tuju, kemudian Melakukan riset tentang investor karena dapat membantu kamu mengetahui apa yang sedang dicari oleh investor tersebut. 

 

Baca laporan keuangan dan informasi lain yang tersedia untuk mengetahui apa yang menjadi prioritas dan kebutuhan investor, Dengan melakukan riset dan mencari tahu apa yang sedang dicari oleh investor, kamu dapat menyesuaikan proposal bisnis kamu sesuai dengan kebutuhan investor dan meningkatkan peluang bisnis kamu untuk mendapatkan dukungan finansial dari investor tersebut.

 

Tawarkan Nilai Tambah

Berikan nilai tambah bagi investor dengan menunjukkan bahwa bisnis kamu akan memberikan keuntungan yang besar bagi mereka di masa depan.

 

Sertakan informasi tentang tim dan struktur organisasi yang solid, Investor akan lebih percaya pada bisnis yang memiliki tim yang solid dan struktur organisasi yang teratur. Sertakan informasi tentang tim dan struktur organisasi dalam proposal bisnis kamu, termasuk latar belakang dan keahlian masing-masing anggota tim.

 

Berikan jaminan bahwa bisnis kamu akan terus berkembang di masa depan dengan memberikan rencana pemasaran yang detail dan strategi untuk mencapai pertumbuhan yang terus menerus. Ini akan memberikan kepercayaan kepada investor bahwa bisnis kamu memiliki prospek yang cerah di masa depan.

 

Jelaskan Bagaimana Uang Mereka Akan Digunakan

Jelaskan secara detail bagaimana uang yang diberikan oleh investor akan digunakan. Ini akan memberikan rasa aman bagi investor dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis kamu.

 

Untuk menjelaskan secara detail bagaimana uang yang diberikan oleh investor akan digunakan, kamu dapat menyertakan informasi berikut dalam proposal bisnis kamu:

 

  • Rencana pengeluaran: Berikan ringkasan secara umum tentang rencana pengeluaran yang akan dilakukan. Misalnya, apakah uang akan digunakan untuk pembelian peralatan atau mesin, pembayaran gaji karyawan, atau pemasaran dan promosi.
  • Rincian pengeluaran: Sertakan rincian pengeluaran yang lebih detail, termasuk jumlah uang yang akan digunakan untuk setiap keperluan bisnis. Jelaskan secara detail mengapa setiap pengeluaran diperlukan dan bagaimana hal tersebut akan membantu bisnis kamu berkembang.
  • Proyeksi keuangan: Sertakan proyeksi keuangan yang realistis dalam proposal bisnis kamu. Ini akan membantu investor memahami bagaimana uang yang diberikan akan digunakan dan bagaimana bisnis kamu akan menghasilkan keuntungan di masa depan.
  • Batasan investasi: Jelaskan batasan investasi yang kamu tentukan, termasuk berapa banyak uang yang diperlukan dan bagaimana kamu akan mengembalikan uang yang telah diberikan oleh investor. Ini akan memberikan rasa aman bagi investor dan meningkatkan kepercayaan terhadap bisnis kamu.

Dengan menyertakan informasi yang detail tentang bagaimana uang yang diberikan oleh investor akan digunakan, investor akan lebih percaya dan yakin bahwa bisnis kamu merupakan investasi yang menguntungkan bagi mereka.

 

Temukan Investor Yang Sesuai 

Carilah investor yang sejalan dengan visi dan misi bisnis kamu. Ini akan membantu kamu menjaga komunikasi dan kerja sama yang sehat dengan investor di masa yang akan datang.

 

Buat daftar kriteria yang kamu cari dalam investor, seperti jumlah investasi yang diinginkan, batasan investasi, dan tingkat keterlibatan dalam bisnis. Ini akan membantu kamu menemukan investor yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

 

Melakukan riset tentang investor potensial dapat membantu kamu mengetahui apakah visi dan misi bisnis kamu sejalan dengan investor tersebut. Baca laporan keuangan dan informasi lain tentang investor yang kamu tuju untuk mengetahui apa yang menjadi prioritas dan kebutuhan investor tersebut.

 

kamu juga dapat menghubungi investor langsung melalui telepon atau email untuk bertanya apa yang sedang dicari oleh investor tersebut dan apakah visi dan misi bisnis kamu sejalan dengan investor tersebut.

 

Buat Hubungan Dengan Investor Potensial

Carilah kesempatan untuk membangun hubungan dengan investor potensial dengan menghadiri acara bisnis atau networking, atau dengan menghubungi mereka secara langsung melalui email atau telepon.

 

kamu juga dapat menghubungi investor langsung melalui telepon atau email untuk memperkenalkan bisnis kamu dan meminta kesempatan untuk bertemu dengan investor tersebut.

 

Pastikan kamu siap untuk bertemu dengan investor dengan mempersiapkan presentasi bisnis yang menarik dan membawa dokumen yang diperlukan, seperti business plan, laporan keuangan, dan rencana pemasaran.

 

Penutup 

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai 6 Tips Ampuh Mendapatkan Investor Bagi Pelaku UMKM, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang saat ini sedang mencari investor.

 

Gabung bersama kami di TopKarir Community untuk meningkatkan peluang mendapatkan investor dan networking yang bisa membantu usahamu semakin maju.

 

Dapatkan juga informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru melalui TopKarir, selain lowongan kerja kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.