JabarJawara.id JabarJawara.id

6 Cara Terbaik Memilih Jasa Freelancer Yang Profesional

6 Cara Terbaik Memilih Jasa Freelancer Yang Profesional | TopKarir.com
16 NOV 2022 15:50 SEPUTAR KARIR 1468 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Seperti yang kita ketahui trend Gig Ekonomi saat ini sangat berpengaruh pada dunia freelance, yang mana permintaan pekerja freelance semakin meningkat karena dinilai lebih efisien untuk digunakan dalam mengerjakan sebuah Project jangka pendek.

 

Jika kamu tenaga recruter atau HR yang mungkin sedang mencari talent untuk mengerjakan sebuah pekerjaan tertentu di perusahaan, mungkin kamu bisa mencari seorang freelancer untuk bisa mengerjakan nya. Karena freelance sendiri memiliki berbagai bidang jadi kita bisa mencari yang Sesuai dengan projects yang sedang berjalan.

 

Namun apakah semudah itu untuk menjadi seorang freelancer profesional yang bisa mengerjakan project perusahaan? Tentu tidak! Karena tidak sedikit jasa freelance yang menipu client nya kemudian pergi begitu saja. Tentunya kita tidak mau berhadapan dengan para freelancer yang seperti ini bukan.

 

Meskipun kamu mungkin sudah berpengalaman dalam merekrut seorang karyawan, namun dalam mencari jasa freelancer yang memang profesional dan terpercaya tentunya caranya agak sedikit berbeda.

 

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan bagaimana cara terbaik dalam memilih jasa seorang freelance profesional, untuk mengetahui seperti apa caranya mari simak pembahasan lebih lengkapnya berikut ini.

 

6 Cara Terbaik Memilih Jasa Freelancer Yang Profesional

Biasanya dalam memilih seorang freelancer kita akan mencarinya pada beberapa website freelance seperti Upwork atau Fiverr, dan disana akan ada banyak sekali jasa freelance yang bisa kamu pilih sesuai dengan Project yang sedang kamu jalankan saat ini.

 

Agar kamu bisa memilih seorang freelancer profesional dan terbaik, kamu bisa mengikuti beberapa caranya dibawah.

 

Pastikan Freelancer Memiliki Portofolio

Cara pertama untuk memilih seorang freelancer profesional adalah dengan memastikan apakah jasa freelancer tersebut memiliki portofolio atau tidak.

 

Kamu bisa melihat pada halaman freelancer miliknya, apakah portofolio nya ditampilkan atau tidak, jika tidak kamu bisa memintanya lewat chat atau dm. Namun jika freelancer tersebut tidak memiliki sebuah Portofolio maka kamu sebaiknya mencari freelancer yang lain saja.

 

Kenapa freelancer yang tidak memiliki portofolio di skip? Jawabannya simpel, karena biasanya seorang freelancer yang tidak memiliki portofolio adalah freelancer pemula yang belum memiliki projects yang dikerjakan. Dengan kata lain mereka belum profesional.

 

Lihat Dari Rating dan Ulasan Client Sebelumnya

Cara berikutnya adalah dengan melihat apakah Rating dan Ulasan dari client sebelumnya bersifat positif atau tidak.

 

Dalam memilih freelancer profesional kita juga harus mempertimbangkan dari rating jasa freelancer mereka juga, jadi akan percuma rasanya jika seorang freelancer tersebut memiliki portofolio yang bagus namun ketika dilihat dalam ulasan dari clientnya mengatakan sebaliknya.

 

Oleh karena itu, kamu bisa mencari jasa freelancer yang memang memiliki rating bagus serta ulasan dari clientnya mengatakan positif, maka sudah dipastikan jasa tersebut profesional dan siap dalam mengerjakan projects yang kamu berikan.

 

Memberikan Komitmen Pada Pekerjaan 

Seperti yang kita tahu bahwa freelancer merupakan seorang pekerja lepas dan bukan pekerja bebas, maka komitmen tentunya harus dimiliki juga oleh seorang freelancer.

 

Saat kamu memilih jasa freelancer dan merasa sudah yakin untuk memilih jasa tersebut usahakan harus memastikan terlebih dahulu mengenai komitmen akan projects yang dikerjakan. 

 

Misalnya, dalam mengerjakan project kamu meminta freelancer untuk terus mengupdate perkembangan projects setiap 1 hari sekali padamu, dan jika freelancer tersebut setuju maka kamu bisa mulai mempekerjakannya.

 

Namun sebaliknya, jika freelancer tersebut tidak menyetujui dan merasa tidak bisa berkomitmen mengenai syarat yang kamu berikan saat mengerjakan project, kamu patut untuk mempertimbangkannya kembali.

 

Tentunya kita tidak mau projects yang sudah berjalan mengalami kendala bukan? Atau bahkan malah di cancel dan ujung-ujungnya tidak selesai. Jadi jika hal tersebut terjadi kamu lebih baik mencari freelancer lain yang memang memiliki komitmen dan totalitas dalam mengerjakan projects darimu.

 

Mempunyai Sistem Pembayaran Yang Jelas

Cara selanjutnya untuk memilih jasa freelancer terbaik adalah memilih jasa freelance yang memiliki sistem pembayaran yang jelas pada jasanya.

 

Biasanya tidak sedikit orang yang malah tertipu pada saat mereka sudah mengirim sejumlah uang untuk mempekerjakan seorang freelance, dan freelance tersebut kabur.

 

Jadi untuk menghindari hal tersebut kamu bisa meminta Sistem atau metode pembayaran yang jelas pada freelancer yang akan kamu sewa. Disini kamu bisa meminta pembayaran yang bisa melihat siapa orang yang menerima pembayaran, contohnya seperti melalui Bank.

 

Dan jika sewaktu-waktu memang freelancer tersebut hendak membawa kabur uang kita Tanpa mengerjakan projects yang diberikan, maka kita tinggal melacak nya saja melalui identitas yang sudah kita tahu. Kamu juga bisa melakukan pengecekan data nasabah ke bank jika diperlukan.

 

Namun yang lebih kami sarankan, agar sistem pembayaran nya aman kamu bisa membayar langsung melalui website atau situs freelancer dimana kamu menyewa jasa mereka. 

 

Alasannya karena jika melakukan pembayaran pada website freelance uang akan ditahan terlebih dahulu. Lalu jika projects atau pekerjaan yang kita berikan sudah selesai dan kita sudah meng acc nya, maka uang baru akan masuk pada rekening freelancer yang kita sewa.

 

Baik Dalam Berkomunikasi

Cara terbaik memilih jasa freelance yang profesional adalah memilih freelancer yang baik dalam berkomunikasi. Seperti yang kita tahu bahwa komunikasi merupakan hal yang sangat penting terutama pada dunia freelance.

 

Kadang kala kita dalam meminta pengerjaan project kita tidak tahu lebih dalam mengenai projects tersebut, namun jika kita memilih freelancer profesional mereka akan dengan mudah mengkomunikasikan dengan kita. Baik itu mengenai kebutuhan ataupun hal yang diperlukan olehnya dalam mengerjakan projects yang kita berikan.

 

Dengan memilih freelancer yang memiliki komunikasi baik tentunya hal ini juga akan berguna ketika sewaktu waktu ada perubahan brief yang harus dikerjakan. Kita tinggal mendiskusikan dengan freelancer.

 

Memiliki Pengalaman Pada Bidangnya 

Cara terakhir untuk memilih jasa freelance terbaik dan profesional adalah dengan memilih freelancer yang sudah memiliki pengalaman yang cukup lama pada bidangnya.

 

Contohnya, jika kamu memerlukan jasa seorang freelancer web developer maka bisa memilih yang memiliki pengalaman lebih dari 3 tahun.

 

Biasanya freelancer yang memiliki pengalaman lebih dari 3 tahun tersebut sudah menguasai seperti apa alur pengerjaan project pembuatan website dari awal brainstorming hingga testing.

 

Untuk mengetahui apakah Freelancer tersebut memang memiliki pengalaman dalam waktu tersebut, kamu bisa melihatnya pada profil freelancer mereka, atau kamu bisa kepoin akun sosial media miliknya, contohnya seperti LinkedIn yang akan memberikan rekam jejak freelancer dalam bekerja.

 

Selain itu kita juga bisa melihat apakah Freelancer yang kita pilih sudah memiliki pengalaman dalam bidangnya atau tidak dilihat dari banyaknya projects yang sudah freelancer kerjakan.

 

Penutup 

Gimana, Sekarang sudah tahukan cara memilih Jasa freelancer profesional? Jika kamu tertarik untuk merekrut seorang freelancer pada project yang sedang kamu kerjakan maka, kamu bisa menerapkan beberapa cara yang sudah disebutkan diatas.

 

Adapun bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan freelance, kamu bisa mengunjungi TopKarir.

 

Dapatkan juga berbagai pembahasan menarik lainnya seputar dunia freelance dan pengembangan karir hanya di TipsKarir.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.