JabarJawara.id JabarJawara.id

Apa Itu SEM? Berikut Pengertian, Perbedaan, Kelebihan, dan Cara Melakukan SEM

Apa Itu SEM? Berikut Pengertian, Perbedaan, Kelebihan, dan Cara Melakukan SEM  | TopKarir.com
15 DEC 2022 16:49 SEPUTAR KARIR 1563 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

SEM (Search Engine Marketing) merupakan suatu teknik pemasaran yang menggunakan mesin pencari sebagai platform untuk mencapai tujuan pemasaran. Teknik ini dapat membantu bisnis meningkatkan visibilitas mereka di mesin pencari seperti Google, meningkatkan lalu lintas ke situs mereka, dan meningkatkan penjualan. 

 

Salah satu cara untuk melakukan SEM adalah dengan menggunakan iklan PPC (Pay-Per-Click), dimana bisnis akan membayar biaya tertentu setiap kali pengguna mengklik iklan mereka. SEM juga dapat mencakup optimasi mesin pencari (SEO) untuk membantu situs web menempati peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian organik.

 

Ingin tau lebih dalam mengenai apa itu SEM? Mari simak pembahasan lebih lengkapnya hingga akhir dibawah.

 

Apa itu SEM?

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Ini adalah salah satu teknik pemasaran digital yang menggunakan mesin pencari sebagai platform untuk menampilkan iklan dan meningkatkan visibilitas suatu situs web di mesin pencari. 

 

Melalui SEM, perusahaan atau individu dapat membayar untuk menempatkan iklan mereka di halaman hasil pencarian mesin pencari agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan traffic ke situs web dan meningkatkan penjualan atau konversi.

 

SEM sering dibandingkan dengan SEO (Search Engine Optimization), yang merupakan teknik yang berfokus pada optimasi konten situs web agar lebih mudah ditemukan dan diurutkan lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari.

 

Perbedaan SEO dan SEM

SEM (Search Engine Marketing) dan SEO (Search Engine Optimization) adalah dua teknik yang digunakan dalam pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas suatu situs web di mesin pencari. Namun, kedua teknik tersebut memiliki perbedaan dalam cara kerjanya.

 

SEO 

SEO adalah teknik yang berfokus pada optimasi konten situs web agar lebih mudah ditemukan dan diurutkan lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari. Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan elemen seperti judul, deskripsi, kata kunci, dan struktur link agar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh mesin pencari. 

 

SEO tidak memerlukan biaya, tetapi membutuhkan waktu dan usaha yang cukup besar untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari.

 

SEM

SEM, di sisi lain, adalah teknik pemasaran digital yang menggunakan mesin pencari sebagai platform untuk menampilkan iklan. Melalui SEM, perusahaan atau individu dapat membayar untuk menempatkan iklan mereka di halaman hasil pencarian mesin pencari agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna. SEM memerlukan biaya untuk menampilkan iklan, tetapi dapat menghasilkan hasil yang lebih cepat dan terukur dibandingkan dengan SEO.

 

Secara garis besar, perbedaan utama antara SEM dan SEO adalah bahwa SEM memerlukan biaya untuk menampilkan iklan, sedangkan SEO tidak memerlukan biaya tetapi membutuhkan waktu dan usaha yang lebih besar. Kedua teknik tersebut dapat digunakan secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

 

Kelebihan dan Kekurangan SEM

Salah satu kelebihan utama dari SEM adalah hasil yang lebih cepat dan terukur. Dengan membayar untuk menempatkan iklan di halaman hasil pencarian mesin pencari, situs web akan langsung dapat dilihat oleh pengguna yang mencari informasi terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Ini dapat meningkatkan traffic ke situs web dan meningkatkan penjualan atau konversi secara langsung.

 

Selain itu, SEM juga memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi dalam menargetkan audiens. Pemasang iklan dapat menentukan kata kunci yang spesifik yang akan digunakan dalam iklan, sehingga iklan hanya akan ditampilkan kepada pengguna yang sedang mencari informasi yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Ini dapat meningkatkan efektivitas iklan dan membantu menghemat biaya pemasaran.

 

Terlepas dari kelebihan-kelebihannya, SEM juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah bahwa SEM memerlukan biaya untuk menampilkan iklan. Biaya tersebut dapat cukup tinggi tergantung pada kata kunci yang dipilih dan kompetisi yang ada di pasar. 

 

Selain itu, iklan yang ditampilkan melalui SEM juga bergantung pada kebijakan mesin pencari yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, perlu strategi yang tepat dan pengelolaan yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari SEM.

 

Cara Melakukan SEM (Search Engine Marketing)

Untuk bisa Melakukan SEM (Search Engine Marketing) kamu bisa memperhatikan beberapa langkah berikut:

 

Tentukan Tujuan dan Target Audiens

Sebelum memulai melakukan SEM, penting untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai, seperti meningkatkan traffic ke situs web, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan brand awareness. Selain itu, juga perlu menentukan target audiens yang ingin dicapai, seperti lokasi geografis, umur, atau minat.

 

Pilih Mesin Pencari yang Tepat

Sebagai platform untuk menampilkan iklan, mesin pencari yang dipilih akan mempengaruhi jangkauan iklan dan hasil yang diperoleh. Google adalah mesin pencari terbesar dan paling populer, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan mesin pencari lain seperti Bing atau Yahoo.

 

Buat Iklan yang Menarik

Iklan yang dibuat harus menarik perhatian audiens dan memberikan informasi yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Buat judul yang menarik dan deskripsi yang jelas, serta gunakan gambar atau video untuk meningkatkan daya tarik iklan.

 

Tentukan Kata Kunci yang Relevan

Kata kunci yang dipilih akan menentukan kapan iklan akan ditampilkan kepada pengguna. Pilih kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga tidak terlalu umum sehingga biaya iklan tidak terlalu tinggi.

 

Tentukan Anggaran Iklan

Anggaran iklan akan menentukan berapa banyak iklan yang dapat ditampilkan dan seberapa lama iklan dapat ditampilkan. Anggaran yang terlalu rendah dapat menyebabkan iklan tidak ditampilkan secara optimal, sedangkan anggaran yang terlalu tinggi dapat membuat biaya pemasaran terlalu tinggi. Tentukan anggaran yang sesuai dengan tujuan dan target audiens yang ingin dicapai.

 

Monitor Hasil dan Lakukan Optimasi

Setelah iklan ditayangkan, perlu melakukan monitoring terhadap hasil yang diperoleh, seperti jumlah klik, konversi, atau return on investment. Dari hasil monitoring tersebut, perlu dilakukan optimasi terhadap iklan, seperti mengubah kata kunci atau menyesuaikan anggaran iklan, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

 

Penutup 

Nah itu tadi pembahasan mengenai Apa itu SEM, semoga bisa bermanfaat. Bagi kamu yang ingin belajar mengenai SEM (Search Engine Marketing) kamu bisa bergabung bersama TopKarir Community karena disini akan ada berbagai informasi mengenai pelatihan dan sertifikasi termasuk tentang SEM. 

 

Dapatkan juga informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap melalui TopKarir, selain lowongan pekerjaan kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.