JabarJawara.id JabarJawara.id

Bebas Ngantuk Saat Harus Bekerja di Bulan Ramadan

Bebas Ngantuk Saat Harus Bekerja di Bulan Ramadan | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:17 5323 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Saat puasa di bulan Ramadan biasanya kita akan terserang rasa kantuk yang nggak tertahan di siang hari. Perubahan jam tidur dan pola makan bisa membuat kita merasa sangat mengantuk. Hal ini bisa sangat mengganggu apalagi buat kamu yang masih harus bekerja, rasa kantuk bisa merenggut semangat dan motivasi kerja.

 

Di hari biasa meneguk kopi bisa menjadi solusi, tapi nggak mungkin kan dilakukan saat berpuasa. Meluangkan waktu untuk tidur saat jam istirahat jadi satu-satunya pilihan tepat, hanya saja seringkali terasa sulit mendapatkan waktu cukup untuk bisa tidur tenang terlebih jika dihadapkan pada pekerjaan yang menumpuk dan deadline.

 

Nah, sebagai alternatif lain menghilangkan rasa kantuk saat bekerja di bulan puasa, TopKarir bagi beberapa solusinya, simak yuk!

 

Melakukan peregangan selama 10 menit

Rasa kantuk terjadi karena otak kita kekurangan pasokan oksigen. Coba deh ambil waktu berjalan atau melakukan peregangan ringan di sekitar kantor atau rumah selama kurang lebih 10 menit. Aktivitas jalan kaki bisa membantu memompa oksigen ke pembuluh darah lebih maksimal. 

 

Mengobrol dengan teman / keluarga

Luangkan waktu beberapa menit untuk mengobrol ringan dengan teman kerja atau keluarga buat kamu yang kerja di rumah. Dengan mengalihkan perhatian melalui obrolan dan tawa, rasa kantuk bisa bisa berkurang dengan sendirinya.

 

Atur posisi duduk dan pernapasan

Teknik pernapasan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah. Semua hal ini akan meningkatkan energi dan performa kerja kamu.

 

Caranya, duduk dengan punggung tegak dan tangan memegang perut. Lalu, dengan perlahan tarik napas dalam-dalam sampai udara mengisi penuh perut. Kemudian, hembuskan perlahan lewat mulut. Lakukan sebanyak sepuluh kali atau sampai tubuh dan pikiran terasa lebih segar.

 

Meningkatkan kualitas tidur

Batasi aktivitas pada malam hari dan hindari dari jangkauan ponsel, TV, atau laptop yang bisa membuat kamu lupa untuk tidur. Dengan begitu, kamu bisa mencukupi kebutuhan tidur malam selama 7 jam.

 

Waktu bangun di pagi hari juga nggak kalah penting. Usahakan agar kamu tidur dan bangun di waktu yang sama. Hal ini bermanfaat agar tubuh memiliki jam biologis yang teratur agar tubuh nggak mudah ngantuk di siang hari.

 

Basuh muka dan cuci kaki dengan air dingin

Jika rasa kantuk datang sebelum adzan Dzuhur kamu bisa mengerjakan ibadah sunnah Dhuha sekaligus menyegarkan tubuh dengan berwudhu. Mencuci muka dan membasuh kaki dengan air dingin membuat tubuh lebih fresh dan menghilangkan rasa kantuk.

 

Itu tadi 5 tips menghilangkan rasa kantuk saat bekerja di bulan puasa. Semoga tips di atas bisa menginspirasi Sahabat TopKarir yang membaca di rumah ya. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.