JabarJawara.id JabarJawara.id

Strategi Pemasaran Masa Kini Untuk Peningkatan Performa Bisnis Retail

Strategi Pemasaran Masa Kini Untuk Peningkatan Performa Bisnis Retail  | TopKarir.com
25 OCT 2022 10:19 PEMBEKALAN KARIR 5656 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 7 KALI DIBAGIKAN

Bisnis ritel adalah sebuah bisnis yang melibatkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan ataupun eceran, yang mana konsumen yang membeli produk atau jasa pada bisnis ritel biasanya digunakan untuk pribadi.

 

Bagi kamu yang saat ini sedang menjalani sebuah bisnis tentunya bertanya-tanya apakah bisnis yang sedang dijalani termasuk ke dalam bisnis ritel atau tidak? oleh karena itu, untuk mengetahui hal tersebut mari simak pembahasan lebih lengkapnya mengenai bisnis ritel dibawah.

 

Perkembangan Bisnis Retail di Indonesia 

Bisnis ritel pada awalnya hadir di Indonesia pada tahun 1960-an, meskipun bisnis ini sudah berkembang di kota-kota besar di luar negeri sejak tahun 1860-an namun di Indonesia sendiri toko ritel pertama kali muncul pada tanggal 23 April 1964 di gedung Sarinah yang dalam pembangunan toko ritel tersebut digagas oleh Presiden Soekarno yang saat ini mengambil konsep penjualan di negara-negara Jepang dan Barat.

 

Untuk perkembangan dari bisnis ritel di Indonesia sendiri tentunya mengalami beberapa perubahan dari waktu ke waktu. dikutip dari ceicdata.com, Pertumbuhan Penjualan Ritel Indonesia dilaporkan sebesar 5.5 % pada 2022-09. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 4.9 % untuk 2022-08. 

 

Data Pertumbuhan Penjualan Ritel Indonesia diperbarui bulanan, dengan rata-rata 8.1 % dari 2011-01 sampai 2022-09, dengan 141 observasi. Data ini mencapai angka tertinggi sebesar 28.2 % pada 2013-12 dan rekor terendah sebesar -20.6 % pada 2020-05. Data Pertumbuhan Penjualan Ritel Indonesia tetap berstatus aktif di CEIC dan dilaporkan oleh CEIC Data. Data dikategorikan dalam Global Economic Monitor World Trend Plus.

 

Performa Bisnis Retail Saat Pandemi Hingga Saat Ini

Performa bisnis ritel saat pandemi dan pasca pandemi tentunya juga mengalami perubahan karena di tengah berbagai tantangan dan ketidakpastian global, ekonomi global menurun dari asalnya 3,6% menjadi 3,2%. Namun meskipun demikian ekonomi nasional justru yang menunjukkan perbaikan dengan keberhasilannya dalam menangani pandemi serta menguatnya berbagai leading indicator perekonomian nasional.

 

Menguatnya ekonomi nasional tersebut ditandai dengan capaian pertumbuhan ekonomi pada Q2-2022 yang tumbuh 5,44% (yoy) atau lebih tinggi dibandingkan capaian Q1-2022 yang sebesar 5,01% (yoy). Dilihat dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi tersebut didukung konsumsi rumah tangga yang tumbuh solid sebesar 5,51% dan kinerja ekspor yang tumbuh sebesar 19,74%. Sedangkan dari sisi sektoral, transportasi pergudangan menjadi sektor dengan pertumbuhan tertinggi yakni sebesar 21,27% karena pulihnya mobilitas masyarakat akibat penanganan pandemi semakin baik.

 

“Ritel menjadi indikator utama untuk melihat bagaimana leading indicators makro berjalan, salah satunya dengan memperhatikan bagaimana harga ritel dan perkembangannya di samping berbagai indikator yang lain, angka-angka tersebut sangat penting di tengah berbagai ketidakpastian global yang memang betul-betul masih di depan mata namun kita relatif bisa mengendalikannya,” ungkap Sesmenko Susiwijono. (17 Agustus 2022, ekon.go.id).

 

Bisnis ritel memiliki berbagai jenis usaha yang tentunya menjadi indikator utama sebagai leading indikator makro dan membuat perekonomian Indonesia terus meningkat, untuk mengetahui jenis-jenis usaha yang masuk ke dalam lini bisnis ritel kamu bisa menyimak jenisnya berikut ini.

 

Jenis-jenis Usaha Pada Lini Bisnis Retail

Ada berbagai jenis usaha yang termasuk ke dalam lini bisnis ritel dan mungkin bisnis yang sedang kamu jalani juga termasuk bisnis ritel, Adapun untuk beberapa usahanya kamu bisa menyimaknya sebagai berikut.

 

Toko kelontong

Toko kelontong biasanya adalah warung-warung sembako kecil yang menjual berbagai produk minuman atau makanan serta kebutuhan rumah tangga yang lain.

 

Departemen store

Jenis usaha pada lini bisnis ritel berikutnya adalah departemen store, biasanya usaha ini akan menyediakan barang dagangan yang lebih diatur berdasarkan dengan kategori lalu kemudian akan dibagikan ke berbagai ruang ritel fisik yang ada di dalam departemen store.

 

Warehouse retailer

Berikutnya adalah warehouse retailer, jenis ritel ini merupakan sebuah fasilitas gudang dengan tipe yang besar tanpa adanya embel-embel dipenuhi dengan berbagai produk yang dikemas dalam jumlah besar, biasanya barang yang disediakan akan dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga eceran.

 

Specialty retailer

Selanjutnya adalah specialty retailer, retail yang satu ini adalah spesialis yang menyediakan kategori produk tertentu dan diedarkan ke pengecer khusus.

 

Convenience retailer

Ritel ini adalah bagian dari lokasi ritel yang ada di tempat pengisian bahan bakar akan tetapi juga menjual berbagai macam barang dagangan dengan harga yang lebih premium.

 

Mobile retailer

Usaha terakhir yang masuk pada lini ritel berikutnya adalah mobile retailer, jenis ini biasanya menggunakan platform smartphone ataupun handphone untuk memproses transaksi dan kemudian mereka akan mengirimkan produk secara langsung kepada pelanggan.

 

Bagi kamu yang saat ini sedang membangun bisnis di bidang ritel tentunya harus mengadaptasi bisnis ritel kamu ke dalam bentuk digital, Selain itu kamu juga bisa menargetkan konsumen ataupun pelanggan dengan lebih terarah dengan menggunakan strategi digital marketing agar bisnis retail kamu bisa bersaing dengan bisnis ritel lain yang saat ini sudah banyak bertumbuh.

 

Olsera sebagai platform POS memiliki komitmen untuk membantu para pebisnis, dan UMKM agar bisa mengadaptasi digitalisasi era karna benefitnya yang begitu banyak untuk pertumbuhan usaha. Bekerjasama dengan TIKI Indonesia dan TopKarir, kami akan hadir di Kota Jogja untuk mengadakan event pelatihan strategi marketing salah satu bagian terpenting dalam meningkatkan performa bisnis usaha, akan dihadiri oleh narasumber yang sudah ahli dibidangnya dan akan memberikan banyak insight menarik. 

 

Jadwal Pelatihan :

 

Hari/ Tanggal : Sabtu, 29 Oktober 2022

Lokasi : Khas Tugu Hotel Yogyakarta, Lantai 1

Pukul : 13.00 - 16.00 WIB 

 

Link pendaftaran : bit.ly/Olsera-Jogja 

 

GRATIS, TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN!

 

Tidak hanya seputar materi, event ini juga akan ada pemberian merchandise menarik, hadiah printer exclusive dan masih banyak lainnya. Selain itu setiap peserta disediakan snack & coffee gratis yaa. Tunggu apalagi, daftar sekarang karna kapasitas peserta terbatas! 

 

Konfirmasi pendaftaran hubungi langsung konfirmasi ke nomor 0898 1555 275 (Dania)




  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.